CARA IKLAN PRODUK DI FACEBOOK


TUTORIAL CARA PASANG IKLAN DI FACEBOOK

Penulis kali ini berusaha merangkum Tutorial Memasang dan membuat iklan facebook / FB Ads , memudahkan Anda untuk beriklan di facebook! Sebenarnya langkahnya cukup mudah, namun bilamana belum sering menjumpai panel-panelnya tentu harus kami ejawantahkan satu persatu.


                                                     


Hal yang pertama dipersiapkan adalah, apakah Anda sudah siap dengan sistem pembayaran iklan facebook?   Sebenarnya banyak jenis pembayaran facebook ads. Sebelum kepada teknis cara beriklan facebook ini, tentunya kita harus tahu jenis-jenis iklan facebook. Adapun macamnya adalah sebagai berikut, Anda dapat mengetahui secara detail satu-persatu dengan membaca link berikut: Jenis dan macam iklan facebook

                Hal di atas merupakan pembagian berdasarkan jenis-nya. Jika dibagi berdasarkan hal yang diiklankan sebenarnya terbagi menjadi 2:

1. Iklan External: mengiklankan website di facebook, artinya kita tidak mengiklankan hal yang berkaitan dengan facebook. Ini bisa dilakukan dengan iklan Marketplace Facebook Ads di atas. Tujuannya adalah meningkatkan traffic website dan penjualan serta branding.

2. Iklan Internal: mengiklankan hal yang ada di facebook, meliputi fanpage facebook, facebook apps (aplikasi facebook), facebook games. Ini bisa dilakukan dengan semua jenis iklan facebook di atas.


                Adapun jika kita lihat dari sudut pandang tujuan-nya, maka kami bedakan sebagai berikut:

1. Meningkatkan Like Fanpage Facebook: bisa dilakukan dengan Marketplace Facebook Ads dan Sponsored Story

2. Meningkatkan Sales/Brand via Engagement Post (tingkat interaksi fanpage facebook): bisa dilakukan dengan Boost Post/Page Post Ads.


Sebenarnya ada " 1001 manfaat dari iklan facebook " yang sudah kami jelaskan, maka dari itu Facebook Ads sangatlah penting bagi kegiatan bisnis Anda! Setelah Anda membaca prolog di atas, mari kita mulai. Untuk memulai iklan facebook, dari beranda facebook Anda, pilih icon iklan facebook/Ads Manager.





atau bisa melalui sisi kanan di beranda di bawah iklan baris. Pilih Advertising. Jika tidak menemukan klik saja   https://www.facebook.com/ads/manage . Maka akan muncul tampilan 





Maka pada dashboard iklan facebook sisi kiri muncul menu kurang lebih seperti berikut:



Dari menu di atas, hal yang perlu diketahui dan dibutuhkan bagi newbie (pemula) adalah pada bagian menu "Campaign & Ads" itu menampilkan campaign kita (proyek iklan). dan bagian Billing itu merupakan pengaturan tentang tagihan dan sumber dana untuk pembayaran iklan facebook. Disisi lain adalah Manfaat Menu Power Editor Untuk Memaksimalkan Iklan Facebook , namun dengan atau tanpa mengakses menu itu kita dapat beriklan di facebook tanpa terkecuali. Ok, untuk memulai, pada sisi kanan dashboard iklan facebook ada button seperti berikut, click.




Atau mungkin jika tidak menemukan bisa dengan menuju ke https://www.facebook.com/ads/create . Kemudian Anda siap untuk beriklan di facebook. Pertama yang akan muncul adalah ilustrasi-ilustrasi seperti di bawah ini :

1. Tentukan landing page (kemana akan diarahkan ) iklan facebook, ke suatu fanpage, facebook apps dan fasilitas facebook lainnya atau juga website Anda juga bisa, tergantung apa yang ingin diiklankan




2. Jika Anda suda membuat fanpage facebook , maka di poin 1 di atas secara otomatis muncul fanpage-fanpage yang Anda kelola. Kemudian jika pada poin 1 dipilih fanpage facebook yang ingin diiklankan, maka tampilan berikutnya adalah sebagai berikut:




Pilih bagian "Get More Page Likes" jika ingin bertujuan menambah like fanpage, klik pada "Promote Page Post" jika ingin mempromosikan posting dari fanpage yang Anda miliki, tentunya sebelumnya Anda sudah menyiapkan sedemikian rupa posting yang ingin diiklankan agar maksimal.

Ketika pada point. No.3 yang dipilih adalah "Get More Page Likes" maka akan ada ilustrasi seperti berikut dibawah ini, ini nantinya yang akan muncul di sebelah kanan beranda kita, biasa disebut Marketplace Facebook Ads. Disini kita diminta mengisikan:

- Headline : Judul Iklan, Headline Iklan
- Text: Deskripsi Iklan, Keterangan dari iklan.
- Landing View: Kemana audience akan dibawa setelah click iklan ini. Kita dapat memilih timeline, photos, event yang ada di Fanpage, dan ketika Anda sudah membuat custom tab fanpage facebook , maka nama custom tab juga akan muncul otomatis disitu.
- Image: Gambar/thumbnail iklan, dengan maksimal ukuran 100x72 px . 

Ketika yang diiklankan adalah fanpage facebook yang di atas dipilih "Get More Likes" maka dibawah iklan akan muncul tombol like fanpage Anda.




Adapun ketika poin 3 di atas jika yang diiklankan adalah posting dari sebuah fanpage facebook, Maka Anda akan diminta memilih posting mana yang akan dipromosikan. Jika menchecklist "Keep my up-to-date..." artinya setiap posting baru dari fanpage kita akan otomatis dipromosikan. Sebaiknya jangan dulu dicentang, dan pilihlah posting yang memang sudah Anda siapkan untuk diiklankan. Preview iklan seperti dibawah ini akan muncul di sebelah kanan beranda facebook.







Ilustrasi berikutnya adalah sponsored story, jika pada Point 3 Anda memilih "Get More Page Likes" maka ilustrasi seperti dibawah ini yang akan muncul di beranda facebook.



Adapun jika pada Point 3 Anda memilih "Promote Page Post" maka ilustrasi seperti dibawah ini yang akan muncul di beranda facebook. Ini adalah sponsored story, Anda dapat meremove sponsored story, tentukan sesuai kebutuhan Anda.



Sponsored story dari suatu iklan, sekali lagi, dapat diremoved dan ditentukan apa yang dimunculkan, aktivitas like, share atau comment.




4. Targeting. Berikutnya adalah masuk ke pengaturan targeting, disini kita akan menarget siapa saja yang dapat melihat iklan ini, ini merupakan bagian yang penting. Jumlah kisaran Audience ketika Anda mengubah dari suatu pengaturan ke pengaturan lain dalam targeting, otomatis akan berubah mengikuti kisaran jumlah audience yang diprediksi akan melihat. 




a. Lokasi, Umur, dan Jenis Kelamin.

Kita dapat memilih suatu negara sebagai objek iklan kita, tidak terkecuali luar negeri. Juga, kita dapat memperkecil jangkauan, yaitu sampai tingkat Kota, bahkan jika target negara luar ada yang bisa sampai dengan targeting Kode Pos. 

Targeting lainnya yaitu range umur yang akan kita target serta jenis kelamin, tentukan sesuai target pasar Anda.





b. Hobi, Ketertarikan, Interest, Kegiatan

Ini semua dirangkum dalam "Precise Interests" (lebih khusus dan tertarget) dan " Broad Categories" (lebih umum/general). Kita bisa mengetikan di bagian "Precise Interest" Hobi, Ketertarikan, Interest, Kegiatan yang kita bidik dari Audience kita, misalkan kita menjual produk pelangsing, ketik saja "Fat", "Obesity" , "Diet" dan seterusnya yang sesuai target kita asalkan disitu tersedia. Facebook mendatabase precise interest adalah dari facebook user yang join suatu group facebook, like suatu fanpage dan text update status. Adapun pemilihan Broad categories, tinggal pilih yang tersedia, namun hal ini kurang tertarget, pilihlah bagian "precise interest" saja.




c. Koneksi

Pilihan ini menawarkan apakah yang melihat adalah audience yang sudah terkoneksi (nge-like) fanpage kita atau tidak, atau semua orang. Pilih sesuai kebutuhan! Untuk pemula, pada bagian "Friend of connections" dilewati saja, ini maksudnya adalah kita menarget teman dari pengguna facebook yang likes fanpage tertentu.




c. Kecenderungan, Hubungan, Bahasa dan Tingkat Pendidikan, serta Tempat Kerja.

Semua bisa Anda tentukan sesuai target market Anda, pilihan ini muncul ketika pada poin b di atas, Anda click "See Advanced Targeting Options"




Seiring dengan filterisasi targeting di atas, maka Audience akan menyusut.

5. Budget dan Penawaran Harga Iklan

Disini akan ditampilkan hal mengenai pembiayaaan iklan facebook Anda. Terbagi menjadi 2 klasifikasi. Biaya iklan berdasarakan "lifetime" artinya kita menyediakan sekian rupiah digunakan sampai habis untuk beberapa hari, dan satu lagi adalah biaya per hari (per day) artinya kita menghabiskan biaya sekian rupiah per hari.

Ketika pada bagian "Campaign Schedule" kita memilih "Run my campaign continously starting today" artinyaiklan ini akan tetap terus berjalan hingga kita menghentikannya. Adapun kita dapat mengontrol kapan iklan kita berhenti pada settingan "set start and ned date". Bagi pemula, bagian " Coversion Tracking" dikosongkan dahulu, bagian ini berfungsi men-track rekam jejak iklan kita terhadap landing page iklan facebook pada website.




Ketika Anda biarkan seperti di atas, pada bagian "Optimization" artinya iklan Anda akan dimaksimalkan untuk tampil. Ini biasanya akan mengeluarkan biaya yang lebih besar daripada kita menawar secara manual. Biaya pembayaran iklan dibebankan pada 2 metode.

CPC (Cost Per Click) : Kita membayar sesuai click yang terjadi pada iklan.
CPM (Cost per 1000 Impression) : Kita membayar per 1000 tampilan iklan kita.

Pilihan ini akan muncul ketika Anda click pada gambar di atas di bagian "See Advanced Pricing" : 




Kita ketika memilih "Optimize for Click", ada 2 pilihan lagi ketika kita pilih "Automatically.." maka harga akan ditentukan oleh iklan facebook untuk memperbanyak click, ketika kita pilih manual artinya kita membatasi harga per click yang diperkenankan adalah tidak melebihi sekian USD.

Baik Optimize for Click ataupun Optimize for impressions yang manual, kita diminta melakukan penawarn, dan terdapat Suggested bid (penawaran yang direkomendasika oleh pihak facebook). Pilihlah kira-kira penawaran Anda diantara suggested Bid itu, dan jangan terlalu rendah, Anda bisa ambil rata-rata atas, bahkan Anda bisa menawar di atas suggested bid. Penawaran ini dimaksudkan bahwa, iklan Anda tidak muncul kecuali jika penawaran harga maksimal sesuai yang Anda pilih.

Ok. Ini adalah setting terakhir dari mengiklan di Facebook tentunya jika Anda sudah mensettingjenis pembayaran iklan facebook-nya, Click "Place Order" untuk memproses iklan atau Click "Review Ad" untuk mereview dahulu. 



Anda tinggal menunggu "Notifikasi" persetujuan iklan dari pihak facebook melalui facebook Anda ataupun melalui email Anda. Jika sudah diapprove pada Ads Manager Anda (http://facebook.com/ads/manage) , Campaign iklan akan ditandai dengan icon hijau. Anda dapat menonaktifkan iklan sewaktu-waktu jika dirasa kurang efektif atau ingin memperbarui.

Pastikan Anda aktivitas awal Anda beriklan tetap aman karena hal-hal rawan seperti Error pada Ads Manage yang sering terjadi, dan Anda harus mengetahuinya.

Semoga bermanfaat.
---

Update 2014, ketika pada saat membuat iklan facebook, sudah ada pilihan jenis iklan facebook, sesuaikan dengan kebutuhan Anda!




Page Post: Mengiklankan Posting Fanpage Facebook
Page Likes: Menambah Likes Fanpage Facebook
Clicks to Website: Mengiklankan Link/URL website/toko online